|
|
| |||||||||||||||||||||||||
|
| ||||||||||||||||||||||||||
“RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK”
|
STANDAR KOMPETENSI
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati
dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaanya serta cara perawatannya
3. PKn : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai bilangan 20
5. Bahasa Indonesia : Mendengarkan : Memaham , bunyi bahasa , perintah dan dongeng yang
dilisankan.
Berbicara : Mengungkapkan pikiran , perasaan dan informasi
Secara lisan dan tegur sapa , pengenalan benda dan
Fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak , menebalkan
Mencontoh , melengkapi dan menyalin
Kompetensi dasar
1. IPS : Menceritakan pengalaman
2. IPA : Membiasakan hidup sehat
3. PKn : Menjelaskan perbedaan jenis kelamin , agama dan suku bangsa.
4. Matematika : Menyelesaikan masalah yang terkait penjumlahan sampai dengan 20
menentukan waktu ( pagi , siang , malam ) hari , ( jam secara lafal )
5. Bahasa Indonesia : * Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
* Menyebutkan tokoh – tokoh dalam cerita
* Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahsa yang santun
* Mendeskripsikan benda – benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat
sendiri.
* Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
* Menjiplak berbagai bentuk gambar , lingkaran dan bentuk huruf
* Menebalkan berbagai bentuk gambar , lingkaran dan bentuk huruf
* Mencontoh huruf , kata dan kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan
benar.
* Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarka gambar.
Indicator
1. IPS : * Menyebutkan nama guru TK dan nama beberapa teman kelas
* Menceritakan tentang teman bermain di rumah
* Menceritakan peristiwa masa kecil yang paling berkesan.
2. IPA : * Menjelaskan keuntungan mencuci tangan sebelum makan
* Menjelaskan keuntungan memotong kuku yang panjang
* Menjelaskan keuntungan melakukan olah raga, beristirahat dan tidur yang teratur
Agar tubuh sehat dan kuat
* Memberi contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan ( cuci tangan, memotong
Kuku, olah raga, beristirahat, dan tidur )
3. PKn : * Menyebutkan 5 suku bangsa yang terbesar di Indonesia
* Membedakan cirri – cirri suku bangsa dilihat dari bahasa dan adapt istiadat
* Menjelaskan dari arti semboyan Bhineka Tunggal Ika.
4.Matematika : *Memecahkan masalah sehari-hari yang terkait dengan penjumlahan sampai dengan
20
*Memecahkan masalah sehari –hari yangterkait dengan pengurangan sampaidenang
20
*Mengurangi bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0
*Mengenal konsep waktu melalui kegiatan sehari-hari yang sesbentar dan yang
Lama
5.Bahasa Indonesia : *Mendemostrasikan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru
*Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri
*Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng
*Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas
*Menyapa teman sebaya,guru,dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan
Bahasa yang santun
*Bercerita berdasarkan gambar
*Memesang gambar buah dengan nama dan ciri-ciri yang tepat
*Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar
*Menjiplak berbagai bentuk gambar dan huruf
*Menebalkan berbagai bentuk gambar,lingkaran, dan bentuk huruf
*Menyalin/mencontoh huruf, kata dan kalimat dari buku aaatau papan tulis
dengan Benar
*Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar ]
I TUJUAN PEMBELAJARAN
*Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil berdasarkan pengalamana
*Siswa dapat menjelaskan cara dan keuntungan merawat kebersihan tubuh
*Siswa dapat menyebut 5 suku bangsa yang terbesar di Indonesia
*Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri dari setiap suku bangsa (bahasa,adat istiadat dan budaya )
*Siswa dapat menjelaskan Bhineka Tunggal Ika)
*Siswa dapat memecahkan permasalahan sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan yang
Hasilnya sampai 20
*Siswa dapat mengurangkan bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0
*Siswa dapat mengenal konsep waktu
*Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan permintaan
*Siswa dapat menceritakan isi serta menjawab prtanyaan seputar dogeng
*Siswa dapat menyapa teman,guru,orang tua dengan bahasa sederhana dan santun
*Siswa dapat menceriitakan gambar seri atau tunggal
*Siswa dapat mendeskripsikan benda
*Siswa dapat membaca haruf, kata,kalimat dengan ssuara nyaring dan lafal yang benar
*Siswa dapat menjipplak,menebalkan,menyalin huruf,kata dan kalimat dengan bentuk huruf / tulisan
Yang baik
*Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yany tepat
*Siswa dapat menyebutkan simber bunyi.
II. MATERI AJAR (MATERI POKOK )
¯ Peristiwa masa kecil
¯ Hidup rukun dalam perbedaan
¯ Operasi hitung bilangan
¯ Pengucapan bunyi atau suara tertentu disekitar
¯ Pelafalan bunyi bahasa
¯ Kalimat sapaan
¯ Membaca kata dan kalimat
¯ Menjiplak dan menebalkan huruf,kata dan kalimat
¯ Unsur –unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
¯ Gambar barang budaya /alami.
III METODE
¯ Ceramah
¯ Diskusi
¯ Tanya jawab
¯ Demonstrasi
¯ Pemberian tugas
¯
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
¯ Mengisi daftar kelas,berdoa, mempersiapkan materi ajar,model dan alat peraga
¯ Memperingattkan cara duduk yang baik saat membaca dan menulis
¯ Mengumpulkan tugas / PR
B. KEGIATAN INTI
MINGGU I
PERTEMUAN PERTAMA ,3 x 35 menit Pelajaran IPA ,PPKN dan Matematika
v Melalui penjelasan guru dan pengalaman,siswa dapat menjelaskan keuntu ngan meerawat
Anggota tubuh agar tetap bersih dan sehat
v Menjelaskan alasan mencuci tangan dan menjelaskan keuntungan mencuci tangan
v Memperagakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau sesudah melakukan kegitan yang menyebabkan tangan menjadi kotor
v Melalui penjelasan guru,siswa dapat menceritakan nama suku banngsa yang ada di Indonesia
v Melakukan duskusi dan tanya jawab siswa dapat menggelompokkan suku bangsa yang terbesar
v Menyebutkan 5 suku bangsa terbesar yang di ketahui siswa
v Melalui penggalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk mengungkapkan fakta matematika dalam kehidupan nyata
v Mengerjakan soal penjumlahan soal 15
PERTEMUAN KEDUA ,3X 35 menit Pelajaran Bahasa Indonesia,IPS dan Matematika
v Dengan menyimak petunjuk dan perintah guru, siswa dapat mendemostrasikan sesuatu perintah atau perintah yang baik
v Perintah dan permintaan terdiri dari kalimat perintah yang di ucapkan guru
v Medlalaui ceritera guru sebagai motivasi ,siswa diingatkan kembali pada peristiwa ketika sekolah da Taman kanak-kanak
v Menyebutkan nama guru dan beberapa teman di Taman Kanak-kanak
v M enceritakan peristiwa yang brekesan selama di Taman Kanak-kanak
v Melaluin pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejedian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk mengkapkan fakta Matematika
Dalam kehidupan nyata
v Mengerjakan soal penjumlahan jumlah 15
PERTEMUAN KETIGA ,2 X 35 menit Pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika
v Menyimak dongeng yang dibacakan guru, siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan bahasa sendiri
v Mengemukakan pendapat tentang perilaku tokoh pada dongeng tersebut
v Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk mengungkapkan fakta Matematika dalam kehidupan nyata
v Mengerjakan soal penjumlahan jumlah soal 15
PERTTEMUAN KEEMPAT , 2X 35 menit Pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia
v Memilih kartu huruf untuk menyusun menjadi kata
v Membaca dengan suara nyaring tiap kata
v Menuliskannya di papan tulis dari susunan kartu huruf tesebut
v Melalui pengaalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk mengungkapkan fakta Matematika dalam kehidupan nyata
v Mengerjakan soal pengurangan , ju mlah 5 soal
v Melalui penjelasan guru,siswa menirukan kalimat sapaan yang diucapkan guru
v Mengungkapkan kalimat sapaan tanpa di bimbing guru ,dengan lafal dan intinasi yang benar
v Membentuk kelomppok untuk peragaan kalimat sapaan .
PERTEMUAN KELIMA ,3 X 35 menit Pelajaran Bahasa Indonesia
v Tiap kelompok memperagakan percakapan yang mengungkapkan kalimat sapaan di depan teman –temannya
v Peragaan dilakukan tanpa teks agar eksperesinya lebih baik.
MINGGU KE II
PERTEMUAN PERTAMA ,3 X 35 menit Pelajaran IPA , PKn Matematika
v Melalui pengamatan siswa dapat menyebutkan keuntungan menggunting kuku
v Melalui diskusi sederhana yang dipandu guru, siswa dapat menyebutkan akibat bila kuku panjang
v Memeriksa kuku temannya, menganjurkan pemotongan kuku bagi yang berkuku panjang
v Melalui contoh dan pengalaman siswa dapat menjelaskan hal – hal yang membedakan sebagai ciri dari tiap suku bangsa (bahasa,adat istiadat, k ebiasaan ,makanan ,dll)
v Mengerjakan LKS tentang nama teman yang berbeda suku
v Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh – contoh kejadian sehari – hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk mengungkapkan fekta Matematika dalam kehidupan nyata
v Mengerjakan soal pengurangan , jumlah soal 10 butir .
PERTEMUAN KEDUA , 3 X 35 MENIT Pelajaran Bahasa Indonesia ,IPS dan Matemarika
v Memperhatikan gambar buah-buahan yang di tempel di papan tulis
v Siswa dimotivasi untuk menyampaikan ciri-ciri dari buah-buahan yang di tempel di papan tulis tersebut
v Mendengarkan ceritera yang bersifat mengingatkan ,siswa dapat menceritakan teman dan bersuasana bemain di rumah
v Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kejadian sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan untuk mengungkapkan fakta Matematika dalam kehidupan nyata
v Mengerjakan soal pengukuran ,jumlah soal 15 butir.
PERTEMUAN KETIGA, 2 X 35 menit Pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika
v Memperhatikan gambar bua-buahan yang di tempel di papan tulis
v Siswa dimotivasi untuk menyampaikan ciri-ciri dari buah –buahan yang di tempel di papan tulis tersebut
v Setelah memberikan deskripsi tentang buah –buahan ter sebut ,siswa menempelkan gambar buah pada kelompok yang di tentukan
v Membaca beberapa kalimat sederhana yang tergabung menjadi teks pendek dengan intonasi dan lafal yang tepat
v Membaca teks pendek yang membentuk ceritera atau kalimat berita
v Membaca dengan suara nyaring dengan cara individual atau klasikal
v Melalui certera guru untuk mengingatkan kembali, siswa dapat menceritakan pengalaman / peristiwa yang berkesan pada saat masa kecil
v Menceritakan pada teman sekelas
v Membuat kesimpulan bahwa ceritera yang berkesan menjadi penggalaman yang berharga yang tidak dapat di ulang pada masa yang akan datang
v Melalui pengalaman dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan beberapa contoh kegiatan yang dilakukan sehari-hari
v Untuk mengenal konsep waktu siswa mengelompokkan kegiatan yang dilakukan istilah lama atau sebentar
v Menyebutkan keg iatan yang dilakukan lama
v Menyebutkan kegiatan yang dilakukan sebentar
PERTEMUAN KEEMPAT , 2X 35 menit Pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika
v Menjiplak dan menebalkan huruf kata dan kalimat dengan bentuk huruf lepas yang benar
v Menuliskan kata dan kalimat yang ditulisguru di depan papan tulis dengan tulisan huruf lepas
v Me nujliskan kata dan kalimat yang didiktekan guru
v Melalui pengalaman dan penjelasan guru , siswa dapat menyebutkan beberapa contoh kegiatan yang dilakukan sehari –hari
v Untuk mengenal konsep waktu siswa mengelopkan kegiatan yang di lakukan istilah lama atau sebentar
v Menyebutkan kegiata yang dilakukan lama
v Menyebutkan kegiatan yang dilakukan sebertar.
PERTEMUAN KELIMA ,X2 X 35 menit Pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika
v Menjalin kalimat sederhana dari papan tulis ke dalam buku tulis sendiri dengan menggunakan huruf lepas
v Menyalin kalimat ke dalam tulisan tegak bersambung
v Melalui pengalaman dan penjelasan guru,siswa dapat menyebutkan beberapa contoh kegiatan yang dilakukan istilah lama atau sebentar
v Mengerjakan LKS yang berisi gambar-gambar yang dilakukan sebentar atau lama .
PERTEMUAN KEENAM, 2 X 35 menit Pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia
v Untuk mengenal konsep waktu siswa mengelompokkan yang dilakukan istilah lama atau sebentar
v Menyimpulkan konsep lama dan sebentar sebagai awal konsep jam, hari dan bulan
v Me ngamati gambar alat tulis yang diperlihatkan guru
v Melengkapi kalimat berdasarkan gambar tersebut agar menjadi kalimat yang sempurna
v Membaca kalimat tersebut dengan lafal dan intonasi tang tepat
v Menjalin kalimat tersebut kedalam tulisan huruf lepas yang baik.
PERTEMUAN KETUJUH ,3 X 35 menit Pelajaran Bahasa Indonesia
v Mengamati gambar alat pertanian yang diperihatkan guru
v Melengkapi kalimat berdasarkan gambar tersebut agar menjadi kalimat sempurna
v Membaca kalimat tersebut dengan lafal dan intonasi yang tepat
v Menjalin kalimat tersebut kedalam tulisan huruf lepas yang baik.
C. KEGIATAN AKHIR
v Membuat kesimpulan dari tiap materi yang di sampaikan
v Mengerjakan Pos Tes
v Pemberian PR / Tugas
V. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
v BUKU SUMBER :
1 . Buku Pengetahuan Sosial SD Kelas I, Penerbit Erlangga
2.Buku Sains SD Kelas I, Penerbit Erlanngga
3.Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas I, Penerbit Grafindo Media Pertama
4.Buku Pelajaran Matematika SD Kelas I,Penerbit Erlangga
5.Buku Bina Bahasa Indonesia dan Sastra SD Kelas I, Penerbit Erlangga
v ALAT PERAGA :
1.Gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat
2.Gambar keluarga dari majalah atau foto keluarga
3.Kartu Huruf
4.Kartu Bilangan
5.Manik-manik ,Kelerng ,batu-batuan dan Kerang
6.Rebana ,seruling ,Botol, Gelas (sumber bunyi buatan )
7.Contoh air bersi dan air kotor.
v PENILAIAN :
Teknik Tes :1.Keberanian menjawab /menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil
2.Ketepatan jawaban
3.Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
Tes Tertulis :1.Pilihan Ganda
2.Isian
Bentuk Tes :1.Objektif Tes
2.Non Obyektif Tes
Instrumen Tes :1.LKS
2.Lembaran Observasi
BUTIR SOAL
IPS :
1.Saya berangkat ke sekolah naik..........................
a.Becak b.Sepeda c.Mobil
2.Yang mengajar aku di sekolah adalah.........................
a.Guru b.Orang tua c.Kakak
3.Kami berbaris rapi sebelum masuk kelas .....................
a.Kelas b.Rumah c.Restoran
4.Tadi pagi saya bertemu dengan ibu guru, saya mengucapkan ..................
a.Selamat Malam b.Selamat Pagi c. Selamat Siang
5.Saat aku masih bayi disuapin oleh ibu,setelah kelas satu, saya.......................
a.Tetap disuap ibu b.Makan sendiri c. Disuap Ayah
IPA :
1.Aku mandi waktu................dan..................
2.Sikat gigi sehabis..................dan ...............
3.Tubuh yang kotor mudah terkena...................
4.Rambut disisir supaya.....................................
5.Agar kita sehat harus selalu menjaga .......................
6.Makanan yang basi tidak boleh..............................
7.Air mentah tidak boleh................................................
8.Kain yang kotor harus segera di...................................
9.Kuku yang panjang harus di.........................................
10.Istirahatlah kalau sudah................................................
PKn :
1.Tuhan menciptakan manusia ada yang laki-laki dan ada yang.........................
2.Kelas I A,
3.Winson beragama Budha dan Santi beragama Kristen,tetapi mereka tetap hidup....................
4.Anak yang nakal akan di...........................kawannya
5.Teman yang sedang berkelahi harus kita....................................
6.Budi selalu sembayang du Mesjid,maka Budi beragama..........................
7.Tuti selalu ke gereja setiap hari Minggu,maka Tuti beragama.......................
a.Buddha b.Islam c. Kristen
8.Orang di daerah Tapanuli bersuku bangsa ................................
a.Batak b.Cina c.Nias
9.Presiden Indonesia,Ibu Megawati bersuku bangsa..........................
a.Batak b.Jawa c.Nias
10.Disekolah saya ikut mempelajari agama....................................
a.Katolik b.Islam c.Buddha
Matematika :
1. 4 + 6 +3 =....................
2. 8 + 2 +1 =....................
3. 7 + 4 +0 =....................
4. 8 + 0 + 5 =...................
5. 12 + 7 =...................
6. 12 – 4 – 5 =..................
7. 9 -0 – 4 =......................
8. 7- 2 – 5 =.......................
9. 10 -2 -3 =........................
10. 6 -3- 1 =...........................
Bahasa Indonesia :
Penilaian Menulis :
1. Rajin belajar supaya p...................
2. Malas belajar akan b.......................
3. PR dikerjakan di............................
4. Tulisan harus i..............................
5. Saya sudah kelas s...........................
”KUNCI JAWABAN BUTIR SOAL ”
TEMA III: KELUARGA
A. IPS
01. Tergantung anak
02. a.Guru
03. a. Kelas
04. b.Selamat pagi
05. b.Makanan sendiri
B.IPA/ SAINS
01. Pagi dan sore
02. Makan dan Sebelum tidur
03. Penyakit
04. Rapi
05. akaebersihan
06. Dimakan
07. Diminum
08. Dicuci
09. Dipotong
10. Lelah / capek
C.PKn
01.Perempuan
02.Kurus
03.Rukun
04.Jauhin
05.Lerai
06.b.Islam
07.c.Kristen
08 a.Batak
09.c.Jawa
10.c.Buddha
D.MATEMATIKA
01.13
02. 11
03.11
04.13
05.19
06.3
07.5
08.0
09.5
10.2
E.BAHASA INDONESIA
01.Pintar
02.Bodoh
03.Rumah
04.Indah /bagus /cantik
05.Satu
|
STANDAR KOMPETENSI
1.IPS :Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormari dalam
Kemajemukan keluarga.
2.IPA :Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat .
3 PKn :Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan .
4.Matematika :Menggunakan pengukuran waktu dan panjang.
5.Bahasa Indonesia :Mendengarkan :Memahami bunyi bahasa ,perintah dan dogeng yang dilisankan.
Berbicara :Mengungkapkan pikiran ,perasaan dan informasi secara lisan
dan tegur sapa ,pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh
dan deklamasi.
Membaca :Memahami teks pendek dengan membaca nyaring .
Menulis :Menulis permulaan dengan menjiplak ,menebalkan ,mencontoh,
Melengkapi dan menyalin.
KOMPETENSI DASAR
1.IPS : *Menceritakan pengalaman
*Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga.
2.IPA : *Mengenal menjaga lingkungan agar tetap sehat.
3.PKn *Memberikan contoh hiduop rukun melalui kegiatan di rumah maupun di sekolah.
4.Matamatika :*Menentukan waktu (pagi,siang ,malam )hari ,jam,(secara bullat)
5.Bahasa Indonesia :*Membedakan bunyi bahasa
*Mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi yang sesuai.
*Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
*Menjipplak berbagai bentuk gambar ,lingkaran dan bentuk huruf .
*Menebalkan berbagai bentuk gambar ,lingkaran dan bentuk huruf .
*Mencontoh huruf , kata dan kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan
Benar.
*Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar.
INDIKATOR
1,IPS :*Menyebutkan nama guru TK dan beberapa teman kelas.
. *Menceritakan tentang teman bermain di rumah .
*Menceritakan peristiwa masa kecil yang paling berkesan.
2.IPA :*Menjelaskan keuntungan mencuci tangan sebelum makan
*Menjelaskan keuntungan memotong kuku yang panjang
*Menyebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah.
3.PKn :*Menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga
*Membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun
*Menjelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan
4.Matematika :*Memberi contoh sehari –hari yang di lakukan pada pagi,siang dan malam hari
*Mengurutkan nama –nama hari dalam seminggu
*Mengenal nama- nama bulan dalam seminggu
*Membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog (jam dinding ) jam pas
:*Menggambar jam sesuai dengan kegiatan.
*Menentukan letak jarum jam pada gambar dengan tepat.
5.Bahasa Indonesia :*Membedakan berbagai bunyi suara tertu dengan tepat
*Mendeklamasikan puisi dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak dan
Mimik yang sesuai
*Mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami
*Mengenal huruf –huruf dan membaca sebagai suku kata ,kata,kata –kata dan kalimat
Sederhana.
*Membaca nyaring (didengar oleh siswa lain ) kata demi kata .
*Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar .
*Menebalkan berbagai bentuk huruf dan gambar .
*Menyalin / mencontoh huruf kata ,kalimat,dari papan tulis atau buku dengan benar .
*Menyalin /mencontoh kalimat dari buku atau papan di tulis guru dan menyalinnya pada
Buku sendiri dengan menggunakan haruf tegak bersambung.
*Melengkapi kalimat yang belum sesuai dengan gambar.
*Melengbkapi kalimat yang belum sesuai dengan gambar.
I,TUJUAN PEMBELAJARAN
v Siswa dapat menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyengkan
v Siswa dapat menjelaskan kasih sayang orang tua .
v Siswa dapat manceritakan kasih sayang antar angota keluarga
v Siswa dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan ,rumah dn sekolah .
v Siswa dapat menjelaska hidup rukun .
v Siswa dapat membandingkan hidupm rukun dan tidak rukun .
v Siswa dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan
v Siswa dapat membeeri contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi,siang atau malam hari.
v Siswa dapat mengurutkan nama-nama hari,bulan dan jam pas.
v Siswa dapat menggambarkan jam dan melektakan sesuai dengan keggiatan .
v Siswa dapat menyapa teman,guru,orang tua dengan bahasa yang sederhana dan santun.
v Siswa dapat mendeklamasikan puisi .
v Siswa dapat mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami
v Siswa dapat membaca huruf ,kata ,kalimat dengan sara nyaring dan lafalm yang benar
v Siswa dapat menjiplak,menebalkan ,menyalin huruf,kata dan kalimat dengan bentuk huruf /tulisan yang baik.
v Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat .
v Siswa dapat menyebutkan macam-macam gerakan di tempat dan gerakan paerpindahan tempat.
v Siswa dapat mendengarkan dongengdan menceritakan isi dogeng.
II.MATERI AJAR (MATERI POKOK)
v Peristiwa masa kecil
v Perawatan dan pemeliharan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah
v Hidup rukun dalam perbedaan
v Satuan pengukuran
v Pengucapan bunyi
v Puisi aak
v Membaca nyaring
v Kalimat sapaan
v Membaca kata dan kalimat
v Menjiplak dan menebalkan huruf ,kata dan kalimat
v Unsur- unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan ,tumbuhan dan bunyi iringan tari
v Dongeng se setahun
III. METODA
v Ceramah
v Diskusi
v Tanya jawab
v Demostrasi
v Pemberian tugas
IV. LANGKAH –LANGKAH PEMBELAJARAN
v Mengisi daftar kelas,berdoa,mempeersiapkan materi ajar .model, alat peraga
v Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis ,membaca
v Mengumpulkan tugas/ PR
v Mengingatkan pada pelajaran yang lalu
B. KEGIATAN INTI
M INGGU I
Pertemuan Pertama 3 x 35 menit Pelajaran IPA, PKn dan Matematika
v Mengamati dua buah gambar rumah yang bersi dan kotor
v Menyatakan pendapatnya tentang gambar yang ditampilkan
v Membedakan dan memilih gambar mana yang di sukai
v Melalui cerita yang disampaikan guru siswa yang termotivasi untuk menjelaskan membersihkan rumah
v Menyebutkan keuntungan dari membersihkan lingkungan rumah
v Melalui model /gambar yang menceritakan hidup rukun ,siswa menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga
v Menjelaskan sikap yang dapat menjaga kerugunan dalam keluarga
v Menjelaskan sikap yang tidak terpuji yang dapat menghunjurkan kerukunan
v Melalui cerita guru ,sisswa termotivasi untuk menyebutkan contoh kegiatan yang dilakukan anak –anak pada pagi hari
v Menjelaskan kgaitan yang dilakukan orang tua pada pagi hari
v Mengisi tabel kegiatan
Pertemuan kedua 3 x 35 menit pelajaran Bahasa Indonesia ,IPS dan Matematika
v Melalui alat , siswa mendewngatrkan suara binatang
v Menyebutkan nama binatang yang di tiru suaranya
v Memperagakan suara binatang yang ditiru suaranya
v Melalui motivasi guru , siswa mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan
v Menceritakan peristiwa yang menyenangkan dan di abadikan melalui foto
v Memberikan pendapat pada cerita yang di sampaikan
v Menjelaskan kegiatan yang dilakukan pada siang hari oleh anak-anak
v Menjelaskan kegiatan yang dilakukan orang tua pada siang hari
v Membuat tabel kegiatan
Pertemuan ketiga 2 x 35 menit Pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika
v Melaluyi tiruan suara binatang , siswa menjelaskan ciri –ciri dari binatang yang ditiru suaranya
v Memperagakan suara binatang yang di tiru suaranya
v Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapakan contoh-contoh kegiatan yang dapat dilakukan pada malam hari
v Menyusun tabel kegiatan
Pertemuan keempat 2 x 35 menit Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika
v Melalui motivasi guru , siswa dapat mendeklamasikan lagu anak
v Mendeklamasikan lagu anak tanpa melihat catatan
v Mendeklamasikan lagu anak secara klasikal
v Melalui pengalaman dan penjelasan guru , siswa menyebutkan nama-nama hari secara urut
v Menjelaskan kegiatan yang biasa di lakukan pada tiap tiap- tiap hari
v Menjelaskan kegiatan sekolah pada hari-hari tertentu
Pertemuan kelima 3 x 35 menit Pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia
v Membuat daftar kegiatan siswa setiap hari
v Menyusun rencana kegiatan pada hgari-hari tertentu
v Mengerjakan soal-soal latihan
v Mendeklamasikan lagu anak dengan suara nyaring secara individual
v Mengungkapkan perasaan ketika mendeklamasikan lagu tersebut
v Memberikan pendapat ketika teman nya berdeklamasi
Pertemuan keenam 3 x 35 menit Pelajaran Bahasa Indonesia
v Menceritakan isi puisi / deklamasi
v Melakukan tanya jawab tentang deklamasi tersebut
v Membuat kesimpulan tentang isi puisi / lagu yang di deklamasikan
MINGGUU KE II
Pertemuan pertama 3 x 35v menit Pelajaran IPA , PKn dan Matematika
v Melalui contoh peragaan membersihkan kelas ,siswa termotivasi untuk menjelaskan manfaat dari membersihkan kelas
v Memperagakan cara membersihkan kelas
v Menyebutkan bagian kelas yang dapat di bersihkan
v Setelah mendengarkan cerita dari gambar , siswa membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun
v Menjelaskan kerugian bila tidak rukun dengan anggota keluarga dan teman
v Mendiskusikan sikap yang baik agar tetap menjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
v Melalui pengalaman dan pembelajaran guru , siswa menyebutkan nama bulan dalam setahun
v Menuliskan nama bulan kelahiran anggota keluarganya
Pertemuan kedua 3 x 35 menit Pelajaran Bahasa Indonesia , IPS dan Matematika
v Melalui cerita guru, siswa termotivasi untuk menyampaikan peristiwa penting yang dialami sehari di sekolah
v Mendenngarkan dengan sungguh –sungguh ketika teman nya bercerita
v Melalui pengalaman , siswa dapat menjelaskan tentang kasih sayang orang tua tidak ada yang menggantikan nya
v Menyebutkan bukti kasih sayang orang tua terhadap anak nya
v Menyebutkan sikap yang terpuji seorang anak terhadap orang tua nya
v Mengucapkan doa khusus untuk orang tua
v Menyusun kegiatan , peristiwa setiap bulan nya
v Menuliskan nama bulan kelahiran teman nya
Pertemuan ketiga 2 x 35 menit Pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika
v Mengamati kartu huruf yang sudah di pelajari dan di rangkai menjadi kata
v Membacanya dengan suara nyaring
v Menyusun kartu tambahan y, g, j, dengan huruf yang sudah dipelajari
v Membuat kata yang baru , yang disusun dari huruf lama dan huruf baru
v Membaca susunan kata yang digabung menjadi kalimat sederhana
v Menyebutkan nama bulan dalam setahun secara berurut dari bulan ke satu sampai bulan kedua belas tanpa ada yang terlewat
v Menyebutkan jumlah hari pada tiap bulan nya
v Menyebutkan nama bulan yang jumlah nya 30 hari
Pertemuan keempat 2 x 35 menit Pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika
v Membaca dengan suara nyaring gabungan kata-kata yang ditulis di papan tulis
v Membuat kalimat baru dari huruf-huruf yang sudah dipelajari
v Melalui pengalaman dan penjelasan guru, siswa mengenal jam analog
v Menjelaskan kegunaan jam sebagai petunjuk waktu
v Menyebutkan macam-macam jam yang ada di kelas siswa
Pertemuan kelima 3 x 35 menit Pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia
v Mengamati jam analog yang mempunyai jarum detik , menit dan jam
v Mengamati angka yang tertera pada jam
v Mengamati perputaran jarum jam tiap detik , menit dan jam
v Membaca kalimat yang didiktekan guru secara klasikal dan individual
Pertemuan keenam 3 x 35 menit Pelajaran Bahasa Indonesia
v Menjiplak dan menebalkan bentuk gambar dan huruf a,i,u,e,o,m,n,b,d,l,g,j, dan y
v Menjiplak dan menebalkan suku kata dan kata
v Menebalkan kata dan kalimat sederhana dengan menggunakan huruf lepas dan sambung
MINGGU KE III
Pertemuan Pertama 3 X 35 menit Pelajaran PKn, dan Matematika
v Setelah menyampaikan berbagai penjelasan , siswa menemukan alat-alat yang dapat digunakan untuk membersihkan rumah dan sekolah
v Membaca tanda waktu yang di tunjukkan dengan jarum jam analog
v Membaca jarum jam secara individual dan klsikal
v Membubuhkan jarum jam pada gambar jam
v Menyampaikan gambar pada jam
v Menyampaikan contoh dari akibat tidak menjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan kedua 3 x 35 menit pelajaran bahasa indonesia ,ips dan matematika
v Menuliskan kembali kata, kalimat sederhana dari papan tulis atau buku dengan tulisan lepas yang rapi dan terbaca
v Menuliskan kembali kata, kalimat sederhana dari papan tulis atau buku dengan tulisan lepas yang rapi dan terbaca
v Mencaritakan tentang kasih sayang antara anggota keluarga
v Menyebutkan bukti-bukti kasih sayang anggota mereka kepada kita
v Menjelaskan bahwa sesama anggota keluarga harus menjaga sesama kasih sayang dan saling menghormati
v Menggambar jam sesuai dengan kegiatan yang di tunjukkan oleh gambar
v Melengkapi gambar jam dengan membubuhkan jarum pendek
Pertemuan ketiga 2 x 35 menit pelajaran bahasa indonesia dan matematika
v Menuliskan kembali kalimat sederhana yang di tulis guru pada buku tulis sendiri dengan menggunakan huruf lepas
v Menuliskan kembali kalimat sederhana yang di tulid guru pada buku tulis sendiri dengan menggunakan huruf bersambung
v Menggamabar jam dengan peletakan jarum dan penulisan angka dengan tepat
v Melengkapi gambar jam dengan membubuhkan jarum pendek
Pertemuan keempat 2 x 35 menit pelajaran bahasa indonesia dan matematika
v Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari di rumah
v Melengkapi kalimat dengan kata yang tapat berdasarkan gambar yang diamati
v Menggambar jam dengan meletakkan jarum pendek dan jarum panjang dengan tepat
v Membaca jam dengan model jam analog
Pertemuan kelima 2 x 35 menit pelajaran bahasa indonesia dan matematika
v Memperagakan di depan kelas tokoh dalam dongeng binatang tersebut
v Menceritakan watak tokoh yang dapat di teladani
v Menggambar jam dengan tepat dalam peletekan jarum pendek dan jarum panjang
v Membuat jam mainan yang dapat digunakan untuk model
v Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari di pasar
v Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang diamati
Pertemuan keenama 3 x 35 menit pelajaran bahasa indonesia
v Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari
v Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang diamati
C. KEGIATAN AKHIR
v Membuat Kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan
v Menjelaskan pos tes
v Pemberian PR / Tugas
V. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
¯ BUKU SUMBER :
1. buku pengetahuan sosial SD kelas I, penerbit erlangga
2. buku sains sd kelas I , penerbit erlangga
3. buku pendidikan kewarganegaraan kelas I, penerbit gragrafindo media pratama
4. buku pelajaran matematika sd kelas I, penerbit erlangga
5. buku bina bahasa indonesia da sastra sd kelas I , penerbit erlangga
¯ ALAT PERAGA
1. Gambar Makanan sehat dan tidak sehat
2. gambar keluarga dari majalah atau foto keluarga
3. kartu huruf
4. kartu bilangan
5. manik-manik,kelereng,batu-batuan , kerang
6. rebana,seruling,botol,gelas ( sumber bunyi batuan )
7. contoh air bersih dan air kotor
¯ PENILAIAN
Teknik test : 1. keberanian menjawab / menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil
2. ketetapan jawaban
3. keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertayaan
Teknik tertulis : 1. pilihan ganda
2. isian
Benttuk test : 1. obyektif tes
2. non obyektif tes
Instrument tes : 1. LKS
2. lembar observasi
BUTIR SOAL
IPS
Selesaikan soal-soal dibawah ini !
- setelah lulus dari taman kanak-kanak saya melanjutkan ke tingkat ................................
a. smp b. Sd c. Sma
- pertama kali sekolah aku berangkat .................................................................................
a. sendiri b. Dengan tetangga c. Diantar ibu
- saya membawa tas ke sekolah untuk membawa ...............................................................
a. buku b. pensil c. Membawa semua keperluan sekolah
- ruang belajar di sekoalh disebut .......................................................................................
a.ruang UKS b. Ruang perpustakaan c. Ruang kelas
- di sekoalh kita mempunyai banyak teman kita merasa ......................................................
a. sedih b. Senang c. susah
MATAMATIKA
Selesaikan soal-soal di bawah ini !
- A B Gambar lilin A ........................dari lilin B
- jarum jam disamping menunjukkan pukul .......................
- urutan gambar di bawah mulai dari yang lebih tinggi
Sepeda motor pesawat terbang mobil ambulance
- saya bangun pagi bangun jam ...............................
- panjang gunting …………..x dari panjang telepon
BAHASA INDONESIA
Penilaian penulis : salin puisi berikut dengan huruf tegak bersambung !
|
Penilaian membaca : bacalah puisi diatas ( alam ciptaan tuhan ) dengan memperhatikan intonasi , vocal, dan tanda-tanda baca !
Penilaian berbicara : dialog, pergi sekolah , karangan wali kelas .
Penilaian mendengar :
- ayam berkokok tandanya hari mulai ……………………………
- pesawat terbang (
Tidak ada komentar:
Posting Komentar